12 Smartphone Android Terbaru 2018 – 2019

Setiap bulannya, para vendor smartphone saling berlomba untuk memproduksi produk smartphone android terbaru dengan spesifikasi yang lebih canggih dan mumpuni di berbagai bidang.

Tidak hanya melakukan upgrade pada fitur dan kinerja dari produk yang mereka hasilkan, berbagai perusahaan teknologi tersebut juga saling berlomba dalam merombak desain produk mereka dengan berbagai inovasi segar.

Desain smartphone yang mengusung tampilan layar penuh dengan notch di bagian atas sempat meledak di pasaran dan telah sukses menarik perhatian masyarakat. Para produsen gadget juga turut meracik tampilan baru dengan penggunaan layar infinity – O – Display yang menempatkan kamera depan tepat di dalam layar.



Sementara, tahun 2019 sendiri menjadi tahun debutnya trend ponsel genggam layar lipat. Dengan mengusung layar fleksibel yang bisa dilipat, produsen ingin mempermudah berbagai aktivitas pengguna dengan menggabungkan 2 keunggulan sekaligus dalam satu smartphone.

Keunggulan itu memungkinkan pengguna untuk mendapatkan tampilan tablet dan tampilan smartphone dalam perangkat yang sama.

Smartphone android terbaru 2018 – 2019. 

Berikut ini adalah 12 smartphone android terbaru 2018 – 2019 yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Samsung Galaxy A9 2018

Pada tahun 2018, Samsung menduduki peringkat pertama dalam daftar vendor dengan pengiriman gadget terbesar tingkat global, versi International Data Corporation (IDC).

Salah satu produk smartphone yang sempat ia luncurkan pada tahun 2018 lalu ialah Samsung Galaxy A9 2018.

Terkenal dengan embel – embel 4 kamera belakang, Samsung Galaxy A9 2018 termasuk produk line – up kelas menengah di seri A.

Dengan empat buah kamera belakang, Samsung Galaxy A9 2018 menjadi smartphone perdana di dunia yang memiliki jumlah dan kelengkapan lensa terbanyak. Ponsel premium ini juga memiliki semua jenis lensa yang digunakan pada smartphone lain pada umumnya, yakni lensa utama, lensa ultrawide, lensa telephoto, dan lensa depth sensor.

Kelebihan tersebut juga disusul dengan kelebihan lainnya yang tidak kalah menarik, misalnya saja jenis layar yang digunakan ialah jenis Super Amoled yang dikenal jernih, halus, dan hemat baterai.
Memiliki bentang layar 6,3 inci dengan rasio 18 : 9, layar Samsung Galaxy A9 2018 serupa dengan ukuran layar Samsung Galaxy Note 9. Ukuran layar yang cukup luas tersebut dapat memberikan pengalaman visual yang mumpuni terutama ketika digunakan untuk menonton film dan bermain game.

Smartphone ini telah mendukung teknologi fast charging (Quick Charge 2.0) untuk pengisian daya yang lebih singkat. Baterai yang digunakan adalah jenis baterai tanam (non-removable) berkapasitas 3.800 mAh.

Samsung Galaxy A9 2018 memiliki dua opsi konfigurasi RAM 6 GB dan 8 GB dengan kapasitas memori internal sebesar 128 GB.

Dari segi hardware, Samsung memilih chipset kelas menengah Qualcomm Snapdragon 660 yang memiliki kinerja mesin AI cukup baik.

Ponsel genggam ini memiliki bobot yang cukup berat di kelasnya, yakni sekitar 183 gram dan dibekali dengan proteksi biometrik berupa fingerprint sensor yang diletakkan pada bagian belakang.
Dibanderol dengan harga sekitar Rp. 5 jutaan, anda dapat menemukannya dengan mudah di berbagai toko online di Indonesia.

Huawei Y6 2018

Perusahaan teknologi Huawei telah berhasil meraup pendapatan sebanyak Rp. 1,53 kuadriliun di sepanjang tahun 2018. Pendapatan itu meningkat sekitar 19,5 persen dari tahun sebelumnya.

Pendapatan tersebut merupakan akumulasi dari berbagai produk yang dilepas ke pasaran. Salah satu produk tersebut ialah perangkat ponsel pintar yang diberi nama Huawei Y6 2018.

Huawei Y6 2018 dirilis bersama dengan 2 smartphone baru lainnya setelah peluncuran Nova 2 Lite.
Ponsel ini diluncurkan pertama kali di Negara Filipina dan Rusia pada bulan April 2018. Mengusung fitur Face Unlock, ponsel genggam ini dibekali dengan layar berukuran 5,7 inci dengan rasio 18 : 9 dan resolusi tinggi HD+.

Sekilas, Huawei Y6 2018 nampak seperti memiliki kamera ganda di bagian belakang. Namun, pada faktanya, Huawei Y6 2018 hanya memiliki satu lensa kamera utama berkekuatan 13 MP.

Sementara, pada bagian depan, disematkan kamera selfie berkekuatan 5 MP yang sudah terintegrasi dengan beberapa efek lensa AR untuk menghasilkan gambar yang lebih  jernih dan berkualitas.

Huawei Y6 2018 menggunakan chipset Snapdragon 425 yang didukung dengan kombinasi RAM 2 GB dan memori internal berkapasitas 16 GB untuk menjalankan sistem operasi Android Oreo berlapis EMUI 8.0 dengan baik dan lancar.

Sayangnya, ponsel ini tidak dilengkapi dengan sensor sidik jari (fingerprint sensor). Ditambah lagi, Huawei Y6 2018 belum mendukung teknologi fast charging pada baterai berkapasitas 3.000 mAh yang ia miliki .

Meskipun begitu, ponsel ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp. 1,3 juta.

Google Pixel 3

Sumber gambar; Digital Trends
Google Pixel 3 membawa semua elemen Android 9 Pie dengan apik dan responsif pada layar sentuh sebesar 5,5 inci.

Dari segi desain, Google Pixel 3 masih memiliki bezel yang berukuran cukup tebal dengan penggunaan material kaca pada casing bagian belakang.

Ponsel ini menggunakan chipset Snapdragon 845 dengan kombinasi RAM 4 GB dan memori internal berkapasitas 64 GB. Google juga menyematkan chip keamanan Titan M yang berfungsi untuk melindungi privasi penggunanya,

Google Pixel 3 mengusung kekuatan kamera layaknya smartphone seri Pixel sebelumnya dengan pembaharuan Android yang lebih cepat dari ponsel manapun. Pembaharuan tersebut termasuk fitur – fitur baru dan patch keamanan yang mungkin tidak dimiliki smartohone lainnya.

Ponsel ini mendukung band LTE 71 yang memberikan dukungan penuh untuk spectrum 600 MHz. Baterai yang diboyong memiliki kapasitas cukup besar, yaitu sekitar 2.915 mAh dan sudah mendukung teknologi fast battery charging 9V / 2A 18 W.

Dengan kekuatan kamera yang menonjol dan telah diakui oleh berbagai pihak, Google Pixel 3 cocok bagi konsumen yang mengutamakan kualitas software dan kemampuan kamera di atas rata – rata.
Tersedia dalam pilihan warna putih, hitam, dan semi pink, Google Pixel 3 dibanderol dengan prediksi harga sekitar USD 400 atau kurang lebih Rp. 5,6 juta.

Oppo Find X

Oppo Find X resmi diperkenalkan kepada public pada tanggal 19 Juni 2018 lalu di Paris, Prancis.
Seri Find Oppo merupakan realisasi dari inovasi Oppo untuk menghadirkan perangkat smartphone yang memadukan kombinasi yang epic antara teknologi dan seni.

Oppo Find X hadir sebagai panoramic design smartphone pertama di dunia yang mengombinasikan kecanggihan teknologi dan seni pada layarnya. Layar Oppo Find X mampu menampilkan berbagai gambar dalam style panoramic full view yang memukau.

Nyaris memenuhi bodi, layar Oppo Find X memiliki aspek rasio 19 : 9 tanpa dihiasi notch pada bagian atasnya.

Membawa layar berjenis AMOLED berukuran 6,42 inci, Oppo akan menjadi pilihan yang tepat bagi konsumen yang gemar menonton video dan bermain game.

Dari segi desain, Oppo Find X menawarkan keindahan dan ekslusifitas dengan desain yang menyatu dan tampilan layar nyaris full view.

Mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 845 dengan konfigurasi RAM 8 GB dan memori internal berkapasitas 256 GB, Oppo Find X siap memberikan performa yang tinggi dan ekstrim. Perpaduan 3 komponen tersebut juga memungkinkan Oppo Find X untuk bekerja sangat cepat dan anti lag.

Pengguna dapat melakukan kegiatan multitasking seperti membuka banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan tanpa khawatir kinerjanya akan menurun.

Oppo Find X juga memiliki mode game acceleration yang memungkinkan penggunanya untuk dapat bermain game dengan nyaman tanpa jeda walaupun ada notifikasi yang masuk.

Oppo Find X dilengkapi dengan fitur Face Recognition yang super canggih dengan bantuan teknologi 3D Structured Light. Teknologi 3D Structured Light tersebut membantu Oppo Find X untuk mengenali kurang lebih 15.000 titik wajah dengan rasio kesalahan 1.000.000 : 1  yang diklaim 20 kali lebih aman daripada pengenalan sidik jari.

Disokong daya baterai berkapasitas 3.730 mAh, Oppo Find X didukung teknologi VOOC fast charging yang memangkas durasi pengisian daya, dimana Oppo Find X mampu mengisi daya baterai dari nol hingga 75 persen dalam waktu sekitar 30 menit saja.

Ponsel ini tersedia dalam tiga varian warna, yakni Glacier Blue, Bordeaux Red dan Lamborghini Carbon dengan jumlah terbatas. Saat ini, Oppo Find X dijual dengan harga sekitar Rp. 7 jutaan.

Samsung Galaxy S10

Beralih ke smartphone android terbaru berikutnya yang baru dirilis pada tanggal 8 Maret lalu, yakni Samsung Galaxy S10.

Dikutip dari laman WCCFTECH, Samsung sempat menguji kecepatan akses internet 5G Samsung Galaxy S10 dengan perusahaan telekomunikasi KT Corporation. Hasilnya cukup mengagumkan, dimana kecepatan akses internet 5G Samsung Galaxy S10 mampu mencapai 1 Gbps.

Samsung Galaxy S10 hadir sebagai smartphone 5G handal yang patut untuk dipertimbangkan. Dengan konfigurasi RAM 8 GB dan kapasitas memori internal sebesar 256 GB , Samsung akan menjalankan sistem operasi Android 9 Pie dengan lancar. Samsung Galaxy S10 juga tersedia dalam varian memori internal 512 GB yang menyasar konsumen dengan kebutuhan transfer data cukup tinggi.

Samsung Galaxy 5G memiliki ukuran dimensi 162,2 x 77,1 x 7,8 mm dan bobot seberat 198 gram. Ponsel ini juga dibenamkan lensa kamera utama berkekuatan 16 MP Ultrawide dengan aperture f/2.2, lensa kamera Dual Pixel AF 12 MP serta lensa kamera 12 MP telephoto dengan aperture f/2.4.

Samsung Galaxy S10 5G dibanderol dengan harga sekitar Rp, 17,4 jutaan.

Apple iPhone XR

Sumber gambar; PCMag
Smartphone android terbaru berikutnya datang dari produsen gadget yang terkenal dengan produk premiumnya.

Apple memperkenalkan Apple iPhone XR pada September 2018 lalu. Apple iPhone XR masih tidak jauh berbeda dengan smartphone besutan Apple sebelumnya yang mengusung desain classy.

Memiliki dimensi 150,9 x 75,7 x 8,3 mm dan berat mencapai 194 gram, Apple iPhone XR membawa panel layar sentuh IPS LCD capacitive berukuran  6.1 inci dengan resolusi 828 x 1792 piksel. Layar tersebut menggunakan material kaca anti scratch yang dilapisi dengan oleophobic coating.

Apple iPhone XR menggunakan chipset yang diproduksi sendiri yakni A12 Bionic (7nm) yang didukung dengan perpaduan RAM 3 GB dan 3 varian memori internal masing – masing 64 GB, 128 GB, dan 256 GB.

Ponsel ini dibekali dengan sebuah kamera utama berkekuatan 12 MP dengan aperture f/1.8 yang dilengkapi dengan Quad LED dual Tone flash dan efek panorama. Pada bagian depan disematkan kamera selfie berkekuatan 7 MP yang dilengkapi dengan fitur HDR untuk memenuhi kebutuhan swafoto penggunanya.

Baterai yang digunakan berjenis non removable Li-Ion berkapasitas 2942 mAh yang sudah mendukung teknologi fast charging 15W, dimana Apple iPhone XR mampu mengisi daya baterai dari nol hingga 50 persen dalam waktu 30 menit saja.

Tersedia dalam banyak pilihan warna, yakni hitam, merah, kuning, biru, coral, dan putih, ponsel ini dijual dengan harga sekitar Rp. 12 jutaan.

Asus ROG Phone 

Smartphone android terbaru berikutnya adalah Asus ROG Phone.

Asus Rog Phone mengusung layar berukuran 6 inci, ponsel ini menjalankan sistem operasi 8.1 Oreo dengan dukungan chipset Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 (10 nm).

Ponsel ini memilki RAM yang cukup besar, yaitu 8 GB dengan dua pilihan memori internal, yakni 128 GB dan 512 GB. Pada sektor fotografi, smartphone ini mengandalkan dual kamera utama berukuran 12 MP wide dan 8 MP yang sudah dilengkapi dengan LED flash, efek panorama dan teknologi HDR.



Terdapat juga kamera selfie berkekuatan 8 MP yang sudah cukup bagus untuk menghasilkan gambar yang berkualitas.

Sony Xperia XZ3 

Sony telah meluncurkan smartphone barunya yang bernama Sony Xperia XZ3. Smartphone ini dirancang untuk memberikan pengalaman audio visual yang berkualitas tinggi bagi para penggunanya.

Ponsel ini membawa layar berukuran 6 inci dengan resolusi 1440 x 2880 piksel. Menyinggung jeroan, Sony Xperia XZ3 dipersenjatai dengan chipset snapdragon 845 dan GPU Adreno 630.

Menjalankan sistem operasi Android 9 Pie, Sony Xperia XZ3 didukung konfigurasi RAM 4 GB dan memori internal berkapasitas 64 GB. Selain itu, pada bagian punggung disematkan kamera berkekuatan 19 MP yang cukup untuk menghasilkan jepretan berkualitas.

Xiaomi Redmi Note 7 

Smartphone android terbaru berikutnya adalah Xiaomi Redmi Note 7 yang dipersenjatai dengan dual kamera berukuran 48 MP PDAF dan 5 MP depth sensor pada bagian belakangnya. Selain itu, ada juga varian yang memiliki spesifikasi lebih rendah dengan dual kamera belakang berukuran 12 MP dan 2 MP.

Sementara, pada bagian depan dibenamkan lensa kamera berkekuatan 13 MP yang dilengkapi dengan fitur HDR. Ponsel ini ditenagai chipset Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 yang didukung dengan berbagai variasi RAM dan memori internal, salah satunya ialah RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Samsung Galaxy Fold

Samsung Galaxy Fold hadir dengan mengusung layar fleksibel yang bisa dilipat.

Menjadi smartphone layar lipat pertama dari Samsung, ponsel ini masih membutuhkan pengembangan untuk mempercepat durasi waktu yang dibutuhkan untuk menyesuaikan tampilan gambar sesuai dengan rasio yang tepat.

Baru bisa dipesan pada bulan April, ponsel yang diotaki chipset Snapdragon 855 ini  kabarnya akan membawa kapasitas baterai jumbo sebesar 4.380 mAh.

LG V50 ThinQ

Smartphone android terbaru berikutnya adalah produk besutan LG bernama LG V50 ThinQ.

Baru diumumkan pada bulan Februari lalu, ponsel ini akan hadir dengan bobot yang cukup ringan yaitu 183 gram. Layar yang diusung berjenis P-OLED berukuran 6.4 inci dengan aspek rasio 19,5 : 9.

Ditenagai dengan chipset Qualcomm SDM855, ponsel ini didukung dengan RAM 6 GB dan kapasitas memori internal 128 GB.

ZTE Axon Pro 10

Smartphone android terbaru yang satu ini diperkenalkan oleh ZTE dalam gelaran MWC 2019. Mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 855, ZTE Axon Pro 10 kabarnya akan memberikan performa yang cukup berkualitas dan mumpuni.

Ponsel ini juga didukung dengan modem X50 5G dan dibekali dengan triple kamera utama pada bagian belakang berkekuatan 48 MP , 20 MP wide angle serta 8 MP telephoto. Sementara itu, pada bagian depan disematkan lensa kamera berkekuatan 20 MP yang sudah cukup tinggi untuk sekedar memenuhi kebutuhan selfie penggunanya.

Ponsel ini dibanderol dengan harga sekitar Rp. 4,6 jutaan.

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Blogger
Disqus
Please Select Your Like Comments

No comments

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Terima kasih atas kritik, saran dan masukan komentar yang kalian berikan.
Semoga Allah s.w.t selalu memberikan kelancara rejeki, kesehatan dan keistiqomahan buat kita semua. Aamiin ^_^