9 Jan 2018

[SHARE PENGALAMAN] 10 Langkah Melaporkan Video YouTube yang di Reupload Orang Lain

Tags

Punya konten video keren di YouTube memang menjadi kebanggaan tersendiri baik untuk penonton pada umumnya dan terkhusus bagi kreatornya.

Kreator video YouTube akan sangat senang sekali jika; [1] video yang mereka bagikan bisa bermanfaat, [2] banyak yang share, [3] banyak yang ngelike, [4] banyak yang berkomentar positif, [5] trending, [6] isi sendiri....
Dari keenam poin diatas, nampaknya poin kelima lah yang paling berpengaruh. Jika video masuk trending, kreator tambah semangat untuk membuat video se-profesional dan semenarik mungkin.

Namun kreator video YouTube juga merasakan susah jika; [1] yang nonton dikit, [2] dislike banyak, [3] kagak ada yang share, [4] video di reupload orang lain, [5] isi sendiri....

Nampaknya poin keempat yang paling bikin jengkel hati. Video di reupload orang lain.

Mereka nggak menghargai proses dan jirih payah. Sudah capek-capek ngumpulin bahan bikin konten, ngedit dan segala thethekbengeknya, setelah dipublish EH ADA YANG REUPLOAD.

Tapi kalian tidak perlu khawatir jika video youtube di channelmu ada yang mereupload. Karena tim YouTube [Google] menyediakan fitur untuk melaporkan video yang direupload orang lain.

Bagaimana cara melaporkan video youtube kita yang direupload channel orang lain?

Biasanya video yang direupload orang lain ini punya spesifikasi yang mumpuni, seperti;
  • Konten bagus, menarik, keren dll
  • View banyak
  • Channel populer
  • Lagi trending
Tidak semua video yang kategorinya saya sebut diatas direupload orang lain. Toh nyatanya video tutorial saya juga ada yang reupload. Padahal kontennya nggak keren loh [yang ngomong salah satu subscriber saya :v]

Tapi nggak apa yang penting itu karya sendiri, bukan reupload karya orang lain :D

Karena kemarin ada yang reupload video tutorial salah satu channel saya, akhirnya saya iseng-iseng bikin laporan ke YouTube. Intinya saya melapor jika ada seseorang yang dengan sengaja mereupload keseluruhan video tutorial saya. Mau tau caranya?

Pertama kamu harus temukan dulu videomu yang direupload orang lain. Kemudian tonton video tersebut. Di sebelah kanan icon like, dislike, share ada tombol bulat kecil-kecil 3 buah. Klik icon tersebut dan pilih menu Report
Muncul menu Report video, silahkan pilih Infringes my rights - Infringes my copyright - Next
Jika settinganmu masih dalam bahasa Inggris, silahkan ganti dengan Indonesia. Pada bagian ini, pilih menu MENGIRIM KELUHAN HAK CIPTA
Pada menu Notifikasi Pelanggaran Hak Cipta, pilih Pelanggaran hak cipta (Seseorang sudah menyalin karya saya)
Pelanggaran hak cipta - Siapa yang terpengaruh? Pilih "Saya". Kemudian copy dan paste videomu yang kamu tonton di channel orang lain. Selanjutnya pilih video YouTube saya diupload ulang oleh pengguna lain. Copy paste juga video asli kamu. Pilih Keseluruhan video jika memang direupload mentah-mentah.
Pada bagian ini, isikan identitas lengkap dibagian kotak warna hijau sesuai KTP. Isikan nama channel dibagian kotak warna merah. Centang semua pilihan dan isikan nama lengkap sebagai tanda tangan dibagian kotak warna biru. Jika sudah klik menu Kirim Keluhan.
Selanjutnya tim YouTube akan memproses laporanmu dan tunggu hasilnya.
Cek email kotak masuk. Berikut ini email dari YouTube yang sedang melakukan peninjauan kevalidan atas laporan yang kamu kirim.

Jika laporan yang kamu kirim valid dan bisa dipertanggung jawabkan. YouTube dengan tegas akan menghapus video yang direupload oleh orang lain dan kira-kira seperti ini hasilnya.
Sekarang videomu yang ada di channel orang lain sudah tidak bisa diakses / ditonton dan akan muncul tampilan seperti ini.
Dari pengalaman yang saya dapat kemarin, lama peninjuan tidak lebih dari satu jam. Karena sekitar jam 9 pagi saya memasukkan laporan, belum ada jam 10 sudah ada balasan jika video yang direupload orang lain sudah dihapus.

Bagaimana mudahkan caranya? Sekian untuk pengalaman cara melaporkan video youtube yang direupload oleh orang lain ini. Jika ada pertanyaan seputar topik yang kita bahas, silahkan saling berdiskusi di kolom komentar yang sudah saya sediakan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

1 komentar so far

bener tuh emang sekarang banyak youtuber goblok gak punya malu seenaknya aja re-upload video orang. yang lebih kasihan lagi kalau lihat view pemilik asli video lebih sedikit dari si youtuber tukang maling itu.

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Terima kasih atas kritik, saran dan masukan komentar yang kalian berikan.
Semoga Allah s.w.t selalu memberikan kelancara rejeki, kesehatan dan keistiqomahan buat kita semua. Aamiin ^_^
EmoticonEmoticon