19 Dec 2017

Berapa Channel, Video, Viewer dan Subscriber untuk Bisa Gajian Per Bulan dari YouTube?

Tags

Hai.. Mas dan mbak yang ganteng dan cantik, selamat datang di blognya #tukangketik. Kalian sedang berada di postingan yang membahas tentang YouTube.
Sebelum masuk ke materi utama, perkenalkan dulu. Saya adalah salah satu creator video tutorial di YouTube yang enggan disebut sebagai youtubers. Why?

Karena menurut saya youtubers adalah;
  • Punya peralatan lengkap macam kamera, tripod dll
  • Konten bagus dan menarik
  • Jumlah subscriber ratusan ribu hingga jutaan
  • NgeVLOG
  • Isi sendiri....
Sedangkan saya belum punya apa-apa hehehe

Mulai kecemplung di YouTube sekitar 3 tahun yang lalu hingga sekarang. Kalau dipikir-pikir belum banyak pengalaman yang bisa saya bagikan selain pengalaman istiqomah.

Kenapa pengalaman istiqomah? Ya, cuma itu yang jadi andalan saya sampai saat ini. Karena sejak 3 tahun yang lalu, saya fokus bikin video tutorial. Memang sih, niche video seperti ini penontonnya sangat lambat kayak keong lagi jalan. Tapi saya selalu ingat "man jadda wa jadda" barang siapa yang bersungguh-sungguh akan menuai hasil, hehehe.

Meskipun keong jalannya pelan, pada akhirnya sampai ke tujuannya juga kan? :D

Sudah dulu ya untuk sesi curhatnya. Sekarang kita bahas materi utama "untuk bisa gajian per bulan dari youtube, butuh berapa channel? Video? Viewers? dan Subscriber?"

Jika muncul pertanyaan seperti itu, jawabannya RELATIF.

Bisa satu channel dengan video-video yang menarik dalam jumlah banyak. Seperti channel milih Tim2one Chandraliow, Edho Zell, Reza Arap, Tara Art dll. Atau bisa bikin banyak channel dengan beberapa video yang menarik.

Kalau saya sendiri mengelola 4 channel youtube dan semuanya berisi video tutorial. 3 channel tutorial target Indonesia dan 1 channel tutorial target bule.

Berikut ini spesifikasi [kayak komputer pake spek :v] channel yang saya miliki;
  • Channel 1; berisi 200 video tutorial. Jumlah subscriber 600-an, penonton per hari 1500-an
  • Channel 2; berisi 90 video tutorial. Jumlah subscriber 600-an, penonton per hari kurang dari 1000
  • Channel 3; berisi 400 video tutorial. Jumlah subscriber 12ribuan dengan penonton per hari 5500-an
  • Channel 4 [bule]; berisi 100+ video tutorial. Jumlah subscriber 1000-an, penonton per hari 500-an

Tapi dari keempat channel tersebut, baru 1 channel yang bisa nyari duit sendiri. 3 channel sisanya masih terseok-seok jalannya. Tapi saya tetap istiqomah dan optimis :D

Dari keempat channel youtube tersebut apa sudah bisa gajian per bulan mas? Alhamdulillah sudah. Berapa mas? Yang penting cukup dan selalu bersyukur kepada Sang Maha Pemilik Rejeki.

Oya, untuk nama-nama channelnya saya rahasiakan yak. hehehe

Sekian dulu ya. Artikel ini ditulis berdasar pengalaman pribadi pada tanggal 19 Desember 2017 dan semoga bermanfaat. Bagi kalian yang punya pengalaman terkait YouTube, silahkan saling berbagi dan bercerita di kolom komentar yang sudah saya sediakan.

Artikel Terkait

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Terima kasih atas kritik, saran dan masukan komentar yang kalian berikan.
Semoga Allah s.w.t selalu memberikan kelancara rejeki, kesehatan dan keistiqomahan buat kita semua. Aamiin ^_^
EmoticonEmoticon