18 Aug 2017

Cara Membuat Gambar Channel Art YouTube Responsif, Tampil Full Disemua Perangkat | Tukang Ketik

Tags

Channel art YouTube adalah foto banner yang terpampang paling atas di channel YouTube kita. Kita dapat memodifikasi dan mengganti-ganti gambar ini sesuai yang kita mau, sehingga gambarnya menunjukkan identitas channel dan memberi nuansa lebih menarik.

Ada yang perlu kalian pahami mengenai channel art youtube bahwa foto sampul yang terdapat di channel kita tampilannya akan berbeda-beda jika dilihat dari perangkat TV, desktop komputer dan perangkat mobile.

Maka dari itu kita harus pandai-pandai mengatur ukurannya biar bisa tampil full di semua perangkat device. YouTube sendiri sebenarnya sudah menyiapkan beberapa foto sampul yang menarik dan unik yang tersedia gratis di galeri.




Namun menurut #tukangketik, pilihan foto sampul yang disediakan oleh YouTube kurang banyak ya. Karena hanya ada foto-foto pemandangan, jadi kurang pas jika diterapkan pada channel yang membahas sepakbola, tutorial, hijab, tips, dan how to.

Tapi tenang saja karena kalian bisa mengganti foto sampul tersebut dengan foto [desain] yang kalian punya. Banyak kok software berbasis desain yang bisa digunakan untuk membuat channel art youtube seperti corel draw, photoshop, adobe illustrator, photo paint dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tips membuat foto sampul / channel art youtube responsif 

Sebelum kalian membuat desain channel art youtube, ada satu hal yang harus diperhatikan yakni terkait ukuran supaya pas dan tampil penuh jika dilihat disemua perangkat.

YouTube sendiri sudah merekomendasikan jika gambar sampul yang diupload memiliki ukuran 2560 x 1440 piksel. Biar lebih jelas kalian bisa lihat gambar di bawah ini;

Ada beberapa ukuran yang disarankan;
  • TV; 2560 x 1440 piksel
  • Desktop; 2560 x 423 piksel
  • Tablet; 1855 x 423 piksel
  • Mobile; 1546 x 423 piksel
Jika logo atau teks pada foto sampul yang kita miliki mempunyai ukuran pada TV, Desktop dan Tablet, maka akan terpotong jika dilihat dari perangkat mobile.

Namun jika foto sampul kita mempunyai ukurang perangkat mobile [ 1546 x 423 piksel ] maka akan tampil penuh jika dilihat dari semua perangkat termasuk TV dan Desktop.

Maka dari itu kita bikin desainnya dengan ukuran 2560 x 1440 piksel dan untuk logo dan teksnya kita taruh pada ukuran 1546 x 423 piksel.

Cara ini sudah saya terapkan di salah satu channel tutorial saya beberapa waktu lalu berkat rekomendasi dari YouTube juga. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Mohon maaf yak komentarnya dimoderasi ^_^ bukan bermaksud tidak percaya, atau menganggap spam komentar yang masuk ^_^

Komentar yang masuk akan segera kami publikasikan :D

Tidak usah ragu-ragu setelah meninggalkan komentar, tukang ketik tahu harus bagaimana [siap-siap meluncur ke blog sampeyan ^_^]
EmoticonEmoticon