9 May 2017

Produce Selection as, Cara Ngrender Video Dibagian Tertentu di Camtasia Studio | Tukang Ketik

Sebelum masuk materi utama, ada baiknya saya kenalkan dulu apa itu Camtasia Studio. Adalah salah satu software berbasis video editing yang bisa digunakan untuk belajar dasar-dasar edit video. Keunggulan dari Camtasia Studio adalah, bisa digunakan di komputer yang memiliki spesifikasi minim kayak punya saya :D

Selain untuk mengedit video, Camtasia juga menyediakan software Camtasia Recorder yang fungsinya untuk merekam layar monitor pada komputer desktop atau laptop.
Tutorial Editing Video di Camtasia Studio
Camtasia Recorder ini biasanya digunakan oleh kebanyakan orang untuk membuat video tutorial dari perangkat desktop dan laptop.

Ada beberapa istilah yang mungkin belum familiar di telingan anda, salah satunya adalah Produce and share. Istilah ini digunakan untuk menyimpan file editan kita di Camtasia ke dalam bentuk; MP4, MMV, MOV, AVI, M4V, MP3 dan GIF. Dalam bahasa video editing lebih terkenal dengan istilah render.

Dengan Camtasia Studio, kita bisa melakukan banyak hal dalam mengedit video seperti, memotong video, menggabungkan video, menambahkan musik atau lagu, memasukkan video di dalam tulisan, menambahkan tulisan pada video, menambahkan logo atau watermark dan masih banyak lagi fitur atau keunggulan lainnya.

Untuk kali ini tukang ketik akan memberikan tutorial cara menyimpan video dibagian yang kita seleksi saja. Jadi kita bisa mengatur sesuka hati bagian video mana yang akan kita render.

Sebagai contoh mari kita masukkan satu buah video ke dalam Camtasia Studio dengan cara klik menu File - Import media.
Cari dibagian menit keberapa kalian akan menyeleksi video yang ingin dirender. Cara menyeleksinya tinggal digeser bagian yang berwarna hijau dan merah.
Jika sudah menemukan area yang diseleksi, sekarang klik kanan pada area warna biru dan pilih Produce selection as..
Pilih jenis videonya dan klik next terus sampai proses rendering mencapai finish. Bagaimana mudahkan cara merender video yang diseleksi di Camtasia Studio. Semoga artikelnya mempunyai manfaat.

Artikel Terkait

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Mohon maaf yak komentarnya dimoderasi ^_^ bukan bermaksud tidak percaya, atau menganggap spam komentar yang masuk ^_^

Komentar yang masuk akan segera kami publikasikan :D

Tidak usah ragu-ragu setelah meninggalkan komentar, tukang ketik tahu harus bagaimana [siap-siap meluncur ke blog sampeyan ^_^]
EmoticonEmoticon