28 Apr 2017

[Fiverr] Sering Menerima Pesan yang Tidak Jelas? Laporkan Sebagai SPAM | Tukang Ketik

Tags

Cara melaporkan SPAM di Fiverr. Artikel ini ditujukan khusus untuk penjual [seller] Fiverr yang belum tahu ciri-ciri spammers yang ada di Fiverr. Mereka mencari untung dan sering sekali bikin kita buntung :D

SPAM, phising atau spoof memang sangat merugikan, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Tujuan utama dari spamers adalah ingin menipu seseorang supaya melakukan sesuai apa yang spamers mau.

Dulu banyak sekali spammers yang bertebaran di Fiverr. Mengirimkan pesan melalui inbox atau kotak masuk dengan membabi buta. Tidak hanya sekali, bahkan sampai puluhan kali dengan pesan yang sama, plus mengandung link yang tidak jelas :D 

Ciri-ciri spammers di Fiverr;

  1. Inbox secara berulang-ulang dengan isi yang sama
  2. Ingin order dengan harga yang tidak nalar
  3. Menyuruh kita bekerja terlebih dulu, bayar belakangan
  4. Cooming soon
Berikut ini salah satu spam yang saya dapatkan selama menjadi seller fiverr;
Ceritanya si buyer ingin mengubah file PDF menjadi MS.Word. Setelah aku lihat, file cuma 13 halaman dan dia berjanji akan memesan dengan harga $15. Nah dari sini tukang ketik sedikit curiga, karena file cuma 13 halaman dan dia mau memberikan harga mahal.

Kemudian saya setuju dan sudah saya ketik ulang dapat 2 lembar, saya kirimkan penawaran khusus melalui menu custom offer tapi dia tidak mau dan ingin pekerjaan diselesaikan terlebih dulu baru dia akan order.
Setelah tak telusuri, ternyata dia mau tipu-tipu. Langsung saja saya laporkan kalau dia itu spam yang ingin merugikan seller.

Cara melaporkan spam di Fiverr

Buka inbox nya dan baca salah satu isinya. Kemudian pada sebelah kanan klik menu Report.

Kemudian pilih jenis pelaporannya dan klik Submit.
Hasil akhir :D
Bagaimana mudahkan? Meskipun sekarang sistem Fiverr sudah lebih canggih dalam menangani para spammers, ada baiknya kita hati-hati dan menjaga diri. Suruh pembeli memesan gig kita terlebih dulu dengan menempatkan harga sesuai kesepakatan, biar kita lebih enak dalam bekerja. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Mohon maaf yak komentarnya dimoderasi ^_^ bukan bermaksud tidak percaya, atau menganggap spam komentar yang masuk ^_^

Komentar yang masuk akan segera kami publikasikan :D

Tidak usah ragu-ragu setelah meninggalkan komentar, tukang ketik tahu harus bagaimana [siap-siap meluncur ke blog sampeyan ^_^]
EmoticonEmoticon