10 Apr 2017

Adsense Non Hosted Susahnya Minta Ampun! Belum Lagi Syarat Jadi YouTuber Harus Punya Views 10K | Tukang Ketik

Sekarang Google benar-benar menerapkan peraturan dan kebijakan yang terbilang sangat ketat dan krusial bagi pendatang baru di dunia blogging dan per-YouTube-an. Gimana nggak dibilang ketat dan krusial, untuk menjadi anggota publisher Google saja kita harus melewati beberapa aturan baru yang dirilis beberapa hari yang lalu.
Syarat Baru Jadi YouTuber
Dari beberapa data yang saya amati, dua tahun terakhir ini merupakan masa yang sulit untuk bergabung menjadi anggota penerbit iklan untuk kategori Adsense Non Hosted. Tapi kalau untuk Adsense Hosted sedikit lebih mudah karena tinggal upload satu atau dua video kita sudah bisa mendapatkan akun Adsense.

Eh ada yang sudah tahu belum perbedaan akun adsense hosted dengan non hosted? Kalau belum tahu, tukang ketik akan sedikit menjelaskan dan semoga mengerti ya :D
  • Akun Adsense Hosted; diperoleh melalui YouTube dan Blogspot. Jenis akun ini hanya bisa tampil di video YouTube dan di blog yang ada embel-embel .blogspot.com atau .blogspot.co.id. Proses pendaftan lebih mudah karena hanya sekali review saja :D
  • Akun Adsense Non Hosted; diperoleh melalui blog TLD [Top Level Domain] seperti .com, .net, .id, .org dan dot yang lainnya. Jenis akun ini bisa dipasang disemua platform blog dan YouTube. Proses pendaftaran sedikit lebih sulit karena melewati 2x masa review :D
Untuk mendapatkan akun Adsense dengan label non hosted, kita harus punya blog TLD dulu. Sudah tahu kan cara mendapatkan blog Top Level Domain? Menurut tukang ketik, kalau pingin punya blog TLD lebih gampang bikinnya di Blogger. Bikin blognya gratis, kemudian tinggal kita custom dengan domain yang sudah dibeli.

Contoh sederhana;
Kita bikin blog di Blogger dengan alamat url; www.tukangketik.blogspot.co.id. Biar blog tersebut jadi TLD, kita harus beli domain dulu dipenyedia domain terpercaya. Misal kita beli domain .net. Maka setelah kita melakukan custom domain, blog yang semula beralamat www.tukangketik.blogspot.co.id sekarang sudah jadi www.tukang-ketik.net

Walaupun kita sudah punya blog TLD, bukan berarti syarat mendapatkan akun Adsense Non Hosted jadi lebih mudah. Ini hanya salah satu syarat yang harus dipenuhi jika iklan Adsensemu pingin tampil disemua platform video & blog.

Asal kalian tahu, satu tahun terakhir ini banyak sekali blogger khususnya pendatang baru yang mengajukan permohonan pembuatan akun Adsense Non Hosted ke Google. Banyak yang mengalami dan bisa jadi misalkan dari 100 orang yang mendaftar, semuanya ditolak.

Alasan paling mendasar saat pengajuan pendaftaran Adsense adalah konten tidak memadai. Pengertian konten tidak memadai itu sangat luas.

Menurut tukang ketik konten tidak memadai itu bisa meliputi; jumlah kata dalam artikel sangat minim, konten blog terlalu banyak gambar dan animasi flash. Perlu diingat, Google tidak suka dengan blog seperti ini :D

Selain mendapatkan akun Adsense Non Hosted yang susah, Google juga menerapkan aturan baru untuk bergabung dan memonetisasi video di YouTube.

# Aturan baru jadi YouTuber
Jika kita ingin mendapatkan uang dari YouTube [YouTube Partner] kita harus mempunyai channel dengan total penonton minimal 10k atau 10 ribu. Kalau belum memenuhi syarat minimal yang ditetapkan, jangan harap bisa jadi YouTuber.

Bukannya kejam, Google ingin pembuat konten supaya lebih kreatif dengan menciptakan video-video baru yang belum pernah diunggah oleh siapa pun. Aturan ini diterapkan guna melindungi penghasilan dan pembuat konten dari tukang reuploader.

Maka tak heran jika akhir-akhir ini banyak sekali saluran YouTube yang terkena suspend berjangka 30 hari hingga 60 hari lamanya. Untuk menghindari badai suspend dan sakit hati, alangkah baiknya kalian bikin video sendiri dengan kreativitas dan peralatan seadanya.

# Tips cepat mendapatkan 10k views di YouTube supaya lolos jadi YouTuber
Salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar segera mendapatkan total penonton minimal 10 ribu adalah dengan upload video original sebanyak mungkin dengan waktu berkala. Misalkan kamu punya 50 video bikinan sendiri, jangan langsung diupload semuanya. Upload minimal satu hari 5 video. Dalam waktu 10 hari kamu sudah punya 50 video.

Jika satu video mendapatkan 200 penonton, bukan tidak mungkin dalam waktu dekat kamu sudah punya total penonton minimal 10 ribu. Nggak perlu video yang berbau viral, cukup kita cari spot disekitar yang mudah dan sedikit resikonya.

Setelah mendapatkan view channel di atas 10ribu, kamu tinggal mendaftar sebagai YouTube Partner atau yang lebih terkenal dengan istilah YouTuber. Sekian dulu untuk artikel kali ini, apabila ada yang kurang mohon dilengkapi dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

2 komentar

Saya akui sampean memang cerdas

Belum ada buktinya kok pak :D

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Mohon maaf yak komentarnya dimoderasi ^_^ bukan bermaksud tidak percaya, atau menganggap spam komentar yang masuk ^_^

Komentar yang masuk akan segera kami publikasikan :D

Tidak usah ragu-ragu setelah meninggalkan komentar, tukang ketik tahu harus bagaimana [siap-siap meluncur ke blog sampeyan ^_^]
EmoticonEmoticon