11 Mar 2017

5 Tips Bagi Kamu yang Ingin Lanjut Menempuh Gelar Magister | Tukang Ketik

Tags

Tips memilih kampus idaman - Dulu, menempuh pendidikan jenjang sarjana atau S1 sudah memiliki gengsi tersendiri di kalangan masyarakat terutama di pedesaan. Sekarang, gelar sarjana seakan hanya menjadi batu loncatan untuk meraih sukses ke jenjang berikutnya. Memang kesuksesan tidak ditentukan dari tingkat pendidikannya. Tapi dengan berpendidikan tinggi, kesempatan untuk meraih kesuksesan jadi lebih terbuka. 

Sebagai contoh saja untuk menjadi dosen, syarat yang utama minimal harus berpendidikan S2. Tidak mungkin jika kita ingin menjadi dosen hanya bergelar sarjana. Ibaratnya sarjana mengajar sarjana.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu perhitungkan untuk melanjutkan studi dalam rangkan menempuh gelar Magister (S2); 

#1. Carilah informasi tentang kampus

Sumber foto: www.lifehack.org
Hal utama yang perlu kamu cari adalah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Kalau bisa yang se-linier. Maksudnya, jika gelar sarjana kamu adalah SE (Sarjana Ekonomi), paling tidak kamu harus mengambil jurusan Magister Ekonomi (ME) atau Magister Manajemen (MM). Ini tidak harus, karena semua keputusan ada di tangan kamu.

Selain itu, pertimbangkanlah beberapa hal seperti; lingkungan atau lokasi kampus yang mungkin tidak kamu sukai tentang kampus yang akan kamu tuju.

#2. Bertanya kepada alumni

Sumber foto: www.fastcreditcardapprovals.com
Bertanya kepada alumni atau lulusan dari kampus yang ingin dituju merupakan salah satu cara yang paling efektif. Kita bisa menanyakan berbagai hal, tentang seluk beluk kampus, keamanan kampus, bagaimana kehidupan disekitar kampus. Tanyakan juga bagaimana dosen-dosen yang mengajar disana, apakah dosennya masih ganteng-ganteng dan cantik-cantik. Bukannya apa-apa, tapi kalau dosennya ganteng dan cantik bisa menambah semangat pergi ke kampus hehehe.

#3. Pergi langsung ke kampus-kampus favorit

Sumber foto : www.collegeboundmentor.com
Salah satu cara untuk mengetahui bagaimana kondisi sebuah kampus adalah dengan mengunjunginya langsung. Kita bisa berkeliling, melihat-lihat bagaimana lingkungan di dalam kampus dan yang ada di luar kampus. Selain bisa melihat langsung tentang kampus, kamu juga bisa menentukan tempat yang akan kamu jadikan kost bilamana rumahmu terlalu jauh untuk pergi pulang ke kampus.

#4. Bertanya kepada mahasiswa yang masih aktif

Sumber foto: www.fastcreditcardapprovals.com
Selain bertanya kepada alumni, kamu juga perlu bertanya langsung kepada mahasiswa atau mahasiswi yang masih aktif dalam perkuliahan. Kalau perlu buat survey kenapa mereka mau menempuh S2 di kampus terkait.

#5. Tentukan kampus, segera daftar

Sumber gambar: www.specialneedsnewyork.com
Jangan terlalu lama memilih. Jika sudah merasa ketemu kampus mana yang akan dituju, segera daftar dan lihat syarat-syarat yang perlu dilengkapi. Lihat jadwal pendaftaran penerimaan mahasiswa barunya.

Artikel Terkait

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Mohon maaf yak komentarnya dimoderasi ^_^ bukan bermaksud tidak percaya, atau menganggap spam komentar yang masuk ^_^

Komentar yang masuk akan segera kami publikasikan :D

Tidak usah ragu-ragu setelah meninggalkan komentar, tukang ketik tahu harus bagaimana [siap-siap meluncur ke blog sampeyan ^_^]
EmoticonEmoticon