24 Mar 2017

4 Aplikasi Paling Mudah Untuk Mengecilkan Ukuran Foto | Tukang Ketik

Halo semuanya.. Lagi pada ngapain nih? Baca-baca artikel tutorial di blog tukang ketik ya? Terima kasih ya sudah mau dengan ikhlas mengunjungi blog ini. Untuk kali ini kami akan memberikan artikel tutorial mengenai cara mengecilkan atau mengkompres ukuran foto menjadi lebih kecil. Ada beberapa software yang mudah digunakan untuk mengecilkan ukuran foto, antara lain: Paint, Microsoft Office Picture Manager, Photoshop dan CorelDRAW. Sebenarnya masih banyak software yang lainnya, tapi keempat software tersebut yang akan tukang ketik bahas.
Sebenarnya untuk mengecilkan ukuran foto yang besar bukanlah hal yang sulit (bagi yang sudah tahu caranya hehehe). Tapi ada beberapa orang yang belum tahu cara mengecilkan ukuran foto yang baik dan benar. Pernah suatu ketika saya ditanya oleh seorang mahasiswi cantik, berhijab syar'i, duh tipe saya banget pokoknya hahaha, "mas saya habis foto studio dan ukuran foto saya 7 MB, mau di-upload sebagai syarat wisuda maksimal 500 KB" bisa mas?

Pertanyaan mbaknya langsung tak jawab "bisa mbak" (dalam hatiku berkata: suami yang ideal adalah tukang ketik dan tukang edit foto mbak) :v. Ngedit foto saja bisa kok, apalagi ngimami mbaknya... #eh mandak ngawur. Oke langsung saja di bawah ini adalah contoh kasus yang akan kita bahas, tapi bukan mbak yang ini lho ya yang dimaksud hahaha.

4 Software Paling Mudah Untuk Mengecilkan Ukuran Foto


#1. Paint
Yang pertama adalah Paint. Untuk langkahnya, cukup klik kanan pada foto dan pilih Open with - Paint. Jika sudah klik Resize, pada kolom Horizontal dan Vertical isikan angka. Misalkan 20, dan klik OK.
Ingat!!! jangan langsung disimpan. Lebih baik kita pilih Save as dan beri nama yang beda dari file aslinya.

Coba lihat gambar di bawah ini, file yang awalnya berukuran 7 mb, sekarang cuma menjadi 200 kb.


#2. Microsoft Office Picture Manager
Buka fotonya di Picture Manager, bisa klik kanan Open with - Microsoft Office.
Jika sudah, klik Resize
Pilih yang Web - Large  (640 x 480 px) dan OK.
Langkah terakhir Save as. Ingat!!! jangan langsung di Save. Lebih baik di Save as supaya kita masih mempunyai back up yang asli.


#3. Photoshop
Software yang ketiga kita gunakan Photoshop. Tidak harus yang terbaru, berapapun versi Photoshopnya, langkahnya sama semua. Buka fotonya di Photoshop, bisa dengan klik File - Open atau klik kanan Open with - Photoshop. Kebetulan Photoshop yang digunakan dalam tutorial ini versinya CS3.
Masuk ke menu Image - Image Size, lihatlah angka pada kolom Width dan Height. Angkanya mencapai 3000 pixels dan 5000 pixels.
Sekarang coba angka tersebut diganti. Misalkan pada kolom Weight kita ganti menjadi 1200 pixels dan secara otomatis pada kolom Height akan mengikuti dan klik OK.
Langkah terakhir kita simpan fotonya dengan Save As dan beri nama yang beda dari file aslinya. Pada kolom JPEG Options pilih Medium.
Sekarang bisa dilihat hasilnya :D
#4. CorelDRAW
Software terakhir yang kita gunakan untuk mengecilkan ukuran foto adalah CorelDRAW. Langkahnya, buka CorelDRAW dan masukkan gambarnya dengan cara klik File - Import.
Langkah selanjutnya klik File - Export. Pada Save as type pilih yang JPG - JPEG Bitmaps. Kemudian tekan OK.
Langkah terakhir pada kolom JPEG Export isikan angka 40 pada Compression dan 40 pada Smoothing. Tekan OK.
 Dan lihat hasilnya :D

Bagaimana mudah sekali kan caranya? Semoga artikel mengenai 4 aplikasi paling mudah untuk mengecilkan ukuran foto ini bisa bermanfaat dan segera bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Salam dari tukang ketik.

Artikel Terkait

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Mohon maaf yak komentarnya dimoderasi ^_^ bukan bermaksud tidak percaya, atau menganggap spam komentar yang masuk ^_^

Komentar yang masuk akan segera kami publikasikan :D

Tidak usah ragu-ragu setelah meninggalkan komentar, tukang ketik tahu harus bagaimana [siap-siap meluncur ke blog sampeyan ^_^]
EmoticonEmoticon