4 Feb 2017

7 Rahasia Mendidik Anak Dalam Kehidupan Sehari-hari | Tukang Ketik

Tags

Rahasia mendidik anak - Mempunyai anak yang pintar, cerdas dan aktif memang impian setiap orang tua. Tapi dalam mendidik anak, haruslah ditanamkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-harinya agar kelak bisa sukses dunia dan akhirat. Siapa yang tidak ingin melihat anaknya sukses dalam hal dunia dan juga akhirat? Pasti tidak ada orang tua satu pun yang akan menjawab "saya tidak ingin melihat anak saya sukses".
Sumber foto; lensabis
Berikut ini kami sampaikan tujuh tips yang bisa anda lakukan sebagai orang tua dalam hal mendidik anak supaya anak yang kami lansir dari majalah BaitulMal FKAM edisi 82 sebagai berikut;

# Berdo'a kepada Allah

Do'a merupakan senjata paling ampuh bagi orang yang memiliki iman. Mohonlah do'a kepada Allah agar anak kita menjadi perhiasan menyenangkan baik di kehidupan dunia maupun di akhirat. Sebagai hamba-Nya yang bertaqwa, kita wajib memohon hanya kepada Sang Pencipta.

# Saat menangis

Saat anak kita sedang menangis jangan buang-buang waktu untuk mendiamkannya dengan cara menunjuk ke arah atas seperti menunjukkan cicak, burung atau pesawat terbang. Jika berhasil, ia akan terdiam, karena psikologis manusia saat menangis itu pasti menunduk.

# Nikmati masa kecil

Sebagai orang tua khususnya para ibu, nikmati masa-masa kecil bersama mereka. Jangan ditinggalkan hanya karena ingin membantu suami mencukupi kebutuhan keluarga atau mengejar karir yang cemerlang. Ketahuilah waktu cepat berlalu, kepolosan dan kelucuannya akan cepat menjadi sebuah kenangan. Jadilah anak kecil ketika sedang bersama mereka, tertawalah bersama mereka dan bermainlah dengan cara yang menyenangkan.

# Tinggal gadget

Disaat bersama si kecil, tinggalkan segala macam barang elektronik seperti gadget dan televisi. Bantu mereka tumbuh dengan cara yang alami, misalkan diajak bercanda, belajar berbicara dan cara-cara yang lainnya. Kalau perlu jika ada teman yang menelpon, katakan "maaf ya saayy saat ini aku sedang sibuk mendampingi si kecil. Orang bijaksana pasti tahu bagaimana posisimu, dan pasti ia akan berkata "oh maaf ya saayy, aduh lucu banget pastinya ya, salam buat si kecil" :D

# Bersikap sabar

Jika anak-anak kita sedang bersama dengan teman-teman sebayanya dan ada sedikit kegaduhan. Jangan langsung menariknya, cari perhatian supaya mereka tidak bertengkar. Ucapkan kata-kata seperti "ayo siapa yang mau mendengarkan cerita si kancil dan buaya? Pasti salah satu dari mereka ada yang tunjuk tangan, diikuti anak-anak lainnya dan suasana jadi terkondisikan.


# Terapkan disiplin

Jika anak-anak sedang bermain cukup lama, berikan ia peringatan dengan kata-kata "ayo mainnya 10 menit lagi ya, waktu main tinggal 5 menit lagi ya, ayo waktunya sudah habis". Secara sadar, anak-anak akan berhenti bermain dengan sendirinya. Jangan langsung ucapkan, "ayo pulang, berhenti mainnya". Jika bersikap demikian, anak-anak tidak akan terbiasa disiplin.

# Terapkan nilai agama

Ketika malam sudah datang dan tiba waktunya tidur, ucapkan kepada mereka "ayo dek, waktunya bobok, besok pagi kan kita sholat subuh" [dengan nada yang menyenangkan dan manja]. Biar perhatian mereka tertuju ke akhirat. Tapi jika kita bilang "ayo dek, waktunya bobok, besok kan sekolah" maka anak-anak akan tertuju pada dunia. Jadi dalam mendidik anak, terapkan nilai-nilai agama ya :D

Artikel Terkait

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Mohon maaf yak komentarnya dimoderasi ^_^ bukan bermaksud tidak percaya, atau menganggap spam komentar yang masuk ^_^

Komentar yang masuk akan segera kami publikasikan :D

Tidak usah ragu-ragu setelah meninggalkan komentar, tukang ketik tahu harus bagaimana [siap-siap meluncur ke blog sampeyan ^_^]
EmoticonEmoticon