15 Feb 2017

5 Kepala Daerah Terbaik Yang Jadi Inspirasi Masyarakat Indonesia | Tukang Ketik

Kepala Daerah Terbaik - Menjadi pemimpin sebuah daerah memang berat tanggungannya jika tidak bisa melaksanakan visi dan misi yang diuapkan saat masih mencalonkan sebagai kepala daerah. Tidak heran jika banyak kepala daerah yang melakukan pencitraan demi mendongkrak kepopulerannya agar dikenal banyak orang. Bukan banyak yang puji, tapi justru malah dibully lantaran pencitraan yang dilakukan terkesan dibuat-buat seperti kepala daerah yang marah-marah di rumah sakit pada tengah malam kemarin [nggak usah disebut yak, kalian pasti sudah tahu].

Tidak semua kepala daerah itu arogan dan penuh sandirawa. Masih banyak kok kelapa daerah yang benar-benar merakyat tanpa perlu pencitraan, dibuktikan dengan kerja nyata. Artikel berikut ini akan membahas 5 kepala daerah terbaik yang dimiliki Indonesia yang kami nukil dari blog Aniberta sebagai berikut;

# Mochamad Ridwan Kamil

Sumber foto; Pinterest
Sering dipanggil Kang Emil, walikota Bandung ini terkenal dengan ilmu kearsitekkannya yang telah berhasil membangun beberapa ruang ruplik untuk kepentingan masyarakat Bandung. Tidak hanya sekedar ruang publik, tapi ruang publik yang bersih, nyaman dan sulit dilupakan bagi setiap warga Bandung.

Kang Emil mempunyai prinsip jika ruang publik memiliki keterkaitan erat dengan tingkat kebahagiaan masyarakat. Dulu kota Bandung penuh dengan pengamen, gelandangan, pedagang kaki lima dan orang-orang pacaran. Tapi sekarang semua sudah tertata dengan rapi, khususnya para pedagang kaki lima direkolasi ke tempat yang sudah disediakan dan lebih strategis.

Kang Emil juga membuat taman jomblo yang dikhususkan bagi mereka yang belum punya pasangan [duh enak banget yak para jones ini :D]. Selain itu, beliau juga membuat Taman Balai Kota yang dilengkapi dengan bus Bandros. Bus Bandros adalah bus tingkat yang difungsikan untuk mengangkut para wisatawan keliling kota Bandung.

# Dedi Mulyadi

Sumber foto; Google
Dedi Mulyadi merupakan Bupati Purwakarta Provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan darah Sunda nya. Dalam kehidupannya beliau sering memakai ikat kepala yang kalau di Jawa sering disebut Blangkon, tapi kalau di daerah Purwakarta mungkin namanya beda lagi.

Lahir di Subang dan mengenyam pendidikan Sarjana Hukum di Sekolah Tinggi Hukum Purnawarman Purwakarta, Kang Dedi telah berhasil membangun jalan-jalan dan aliran listrik hingga ke pelosok desa serta mampu menciptakan kawasan hijau terbaik se Jawa Barat.

Dari segi pendidikan, Kang Dedi mewajibkan setiap siswa berangkat mulai pukul 06.00 WIB dengan berjalan kaki dan memakai tas buatan sendiri. Tidak hanya itu, para siswa juga diwajibkan peduli terhadap lingkungan pertanian dan peternakan dengan cara memelihara hewan ternak yang jadi salah satu syarat kenaikan kelas.

# Yoyok Riyo Sudibyo

Sumber foto; vivanews
Yoyok Riyo Sudibyo adalah Bupati Batang yang berasal dari Akademi Militer dengan beberapa prestasi yang sangat membanggakan. Salah satu prestasi terbaik dari segi militer yang pernah dijabatnya adalah menjadi Komandan Satgas Badan Intelijen Negara (BIN) wilayah Jayawijaya, Papua (2004).

Sebelum terpilih menjadi Bupati Batang, beliau tidak begitu paham mengenai seluk beluk kota Batang. Ia akhirnya tergelitik ingin mencari tahu informasi lengkap mengenai Kabupaten tersebut.

Saat terpilih sebagai Bupati Kabupaten Batang, beliau berjalan kaki sepanjang 48 km yang ditempuh dalam waktu semalaman hanya untuk sungkem kepada ibunya. Karena beliau punya nazar ketika terpilih menjadi bupati Batang akan sungkem ke rumah ibu dengan jalan kaki.

# Abdullah Azwar Anas

Sumber foto; Google
Banyuwangi yang dulu terkenal dengan hal-hal mistis, klenik, santet dan ghaib. Tapi setelah dipimpin oleh Abdullah Azwar Anas, kota Banyuwangi kini menjadi salah satu daerah wisata. Beberapa objek wisata terkenal seperti pantai Teluk Hijau, Pulau Merah dan Gunung Ijen atau Kawah Ijen.

Sejak dipimpin Pak Anas, kini Banyuwangi terkenal kota yang ramah, hangat serta tidak menonjolkan hal-hal mistis seperti klenik dan lainnya. Beliau berhasil mengubah kota Banyuwangi lebih hijau dengan tidak menghilangkan karakter kota tersebut.

Beberapa penghargaan yang berhasil diraih Pak Anas adalah sebagai berikut; Indonesia Marketing Champion, Progressive Leader, dan Best Regional Achievers untuk kategori Best Marketer Regent.

# Muhammad Irwansyah

Sumber foto; pangkalpinang.go.id
Muhammad Irwansyah, Walikota Pangkalpinang ini pernah menjadi penjual martabak dan penjual tiket pesawat sebelum akhirnya memimpin kota yang ada di Provinsi Bangka Belitung tersebut. Selain itu, beliau pernah menjabat sebagai manajer perusahaan Sriwijaya Air dan menjabat sebagai direktur di dua perusahaan sekaligus yakni di PT. Palembang Airport Service dan PT. Nusantara Aero Mandiri.

Dalam memimpin kota Pangkalpinang, beliau memanfaatkan kecanggihan dunia teknologi dengan meluncurkan aplikasi "Lapor Mang". Dengan aplikasi ini, warga bisa langsung melaporkan secara langsung bagaimana kinerja pemerintah. Selain itu, dari segi pendidikan sekolah-sekolah menerapkan pembelajaran berbasis digital dan di lingkungan Dinas Pendidikan diterapkan sistem e-office.
Sumber; aniberta.com

Artikel Terkait

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Mohon maaf yak komentarnya dimoderasi ^_^ bukan bermaksud tidak percaya, atau menganggap spam komentar yang masuk ^_^

Komentar yang masuk akan segera kami publikasikan :D

Tidak usah ragu-ragu setelah meninggalkan komentar, tukang ketik tahu harus bagaimana [siap-siap meluncur ke blog sampeyan ^_^]
EmoticonEmoticon