10 Jan 2017

Tips Membuat Video YouTube Menarik, Banyak Yang Nonton | Tukang Ketik

Tips membuat video menarik - Artikel yang akan aku tulis ini sesuai dengan pengalaman pribadi tentang cara membuat video YouTube menari, orisinil dan banyak disukai penonton atau viewers. Ini dibuktikan dengan jumlah subscriber yang sekarang sudah mencapai 3.000 orang dan setiap hari subscriber terus meningkat seiring updatenya konten video. Jumlah subscriber memang masih sedikit jika dibandingkan punya teman-teman lainnya. Tapi aku senang karena mereka dengan sukarela mau jadi pelanggan channelku, dan setiap video baru yang aku publish terkadang ada yang langsung komen meskipun tidak semua. Untuk nama channelnya aku rahasiakan ya, tapi yang jelas channel ini berisi seputar tutorial desain grafis dari tingkat yang paling dasar.

Channel ini aku bangun 2 tahun yang lalu atau tepatnya pada tanggal 30 Agustus 2014 hingga sekarang. Satu tahun lebih channel ini belum terurus secara maksimal, tepatnya pada pertengahan tahun 2016 kemarin aku mempunyai niat untuk lebih fokus dengan update 1 hari 1 video. Ketika itu jumlah video dikisaran 90-an.
Selang beberapa bulan tak terasa ternyata aku sudah membuat video tutorial sebanyak 300-an dan sampai sekarang sudah lebih. Terkadang aku meminta saran dari para subscriber video apa yang mereka kiranya belum bisa, supaya admin buatkan tutorialnya :D

Ada beberapa masukan dan request video tutorial dari para pelanggan, dan tidak semua aku buatkan. Hanya beberapa saja, mengingat aku juga belum mahir dalam bidang desain grafis. Oke sudah dulu ya untuk cakap-cakapnya.

Cara membuat video youtube banyak penonton


#1. Buat channel dengan niche khusus

Niche atau kategori adalah kategori video yang akan kita bahas pada channel kita. Dengan membuat satu niche untuk satu channel akan membuat kita lebih fokus untuk merawatnya. Misalkan kamu buat channel dengan nama "tutorial blogger". Konten yang harus kamu isi dalam channelmu adalah seputar dunia blogging, mulai dari cara membuat blog, cara posting di blog, cara mengganti template blog, cara custom domain blog dan cara lainnya yang berhubungan dengan blog. Dengan begitu, channel akan lebih spesifik dan terawat.

#2. Upload video secara berkala

Jika nama channel sudah kamu buat, buat video orisinil karya kamu sendiri. Upload satu hari satu video atau satu minggu 2 sampai 3 video. Tujuannya supaya channel kita lebih cepat terindek oleh mesin pencari khususnya di YouTube. Selain itu, channel kita terlihat terawat kalau video yang kita upload secara berkala. Kalau bisa satu hari satu video untuk channel baru.

#3. Buat video karya sendiri meskipun bagus

Kenapa aku bilang begitu? Karena video kita akan ditonton orang banyak, jadi usahakan video yang kita buat 100% buatan sendiri dan videonya menarik untuk ditonton. Selain menjaga orisinilitas, video karya sendiri juga mencerminkan seberapa profesional channel yang kita bangun. Jangan pernah sekali-kali upload video milik orang lain meskipun video tersebut sudah kamu edit dengan ilmu tingkat dewa. Selain tidak profesional dan tidak berkah, channelmu sewaktu-waktu bisa kena razia dari simbah dan dari pemilik video yang videonya kamu upload.

#4. Buat judul & gambar thumbnail sesuai dengan topik

Judul dan gambar preview atau thumbnail mempunyai andil yang sangat besar untuk menggaet penonton. Tapi jangan asal membuat dan memasang thumbnail pada video yang kita upload. Jika judul dan thumbnail yang kita upload ternyata sangat berbeda dengan isi video, bukan tombol suka yang akan kita peroleh melainkan tombol jempol jungkir balik ke bawah yang akan mendarat di video kita. Atau bahkan video kita bisa kena report spam jika ada penonton yang lapor kepada YouTube.

Penutup

Kira-kira seperti itulah proses dan tata cara yang aku lakukan dalam membangung sebuah channel YouTube. Sampai sekarang aku punya beberapa channel dengan niche yang berbeda-beda, setiap channel punya niche khusus. Semua butuh perjuangan, jika semua usaha dirasa sudah dilakukan dengan maksimal, langkah terakhir adalah luangkan waktu untuk mengambil air wudlu kemudian bersujud dan berdo'alah kepada-Nya supaya urusan kita dilancarkan dan kita tetap menjadi orang-orang yang istiqomah.

Artikel Terkait

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Mohon maaf yak komentarnya dimoderasi ^_^ bukan bermaksud tidak percaya, atau menganggap spam komentar yang masuk ^_^

Komentar yang masuk akan segera kami publikasikan :D

Tidak usah ragu-ragu setelah meninggalkan komentar, tukang ketik tahu harus bagaimana [siap-siap meluncur ke blog sampeyan ^_^]
EmoticonEmoticon