15 Jan 2017

Temukan Teknologi Baru, Siswa SMKN Gunung Kidul Hidupkan Motor Pakai SIM | Tukang Ketik

Keunggulan Siswa SMK - Lagi-lagi siswa-siswi SMK Indonesia teruji kemampuannya dalam bidang teknologi. SMKN 1 Ngawen adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang terdapat di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain terkenal dengan keindahan alam dan pantainya, baru-baru ini siswa siswi SMKN 1 Ngawen menemukan sebuah teknologi baru yang memungkinkan pengendara sepeda motor bisa menghidupkan kendaraannya hanya dengan SIM.

Sumber gambar; solopos
Teknologi baru yang mereka temukan ini diberi nama Safety Riding Kit S2-HK, dimana teknologi ini menggunakan basis micro arduino nano. Karena maraknya kecelakaan terhadap pengendara motor di bawah umur, hal ini lah yang mendasari para guru dan murid menciptakan alat tersebut.

Alat yang diberi nama Safety Riding Kit S2-HK memungkinkan mengamankan kendaraannya dari pengguna yang belum memiliki SIM, STNK atau bahkan yang tidak memakai helm. Dengan alat ini, motor hanya bisa hidup kalau ada SIM serta mengenakan helm yang lengkap.

Untuk bisa menghidupkan mesin sepeda motor, pengendara cukup menempelkan SIM atau STNK pada bagian motor yang sudah diprogram. Selain itu, pengendara juga harus mengenakan helm dengan tali pengaman yang terikat secara sempurna sampai bunyi klik. Jika ada salah satu syarat tersebut tidak ada, jangan harap motor bisa nyala.

Ide awal pembuatan alat ini, mereka prihatin dengan banyaknya kasus kecelakaan yang melibatkan pengendara yang belum cukup umur yang belum memiliki Surat Ijin Mengemudi atau SIM. Bersama guru dan pembimbingnya, siswa siswi SMKN 1 Ngawen akhirnya mengembangkan alat ini.
Sumber; Solopos.

Artikel Terkait

2 komentar

Caranya mohon info?

Cara apanya ini mas? Cara menghidupkan mesinnya? Itu pakai SIM dan harus pakai helm juga yang terikat

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Mohon maaf yak komentarnya dimoderasi ^_^ bukan bermaksud tidak percaya, atau menganggap spam komentar yang masuk ^_^

Komentar yang masuk akan segera kami publikasikan :D

Tidak usah ragu-ragu setelah meninggalkan komentar, tukang ketik tahu harus bagaimana [siap-siap meluncur ke blog sampeyan ^_^]
EmoticonEmoticon