26 Jan 2017

Saat Malam, Kaki Tiba-tiba Kram? Ini Penyebabnya | Tukang Ketik

Penyebab Kram - Kram, identik dengan aktivitas olahraga. Tapi pernahkah anda ketika sedang tertidur nyenyak, anda terbangun gara-gara kaki merasa kram? Rasanya sakit sekali, kaki terasa kaku dan sulit digerakkan. Dipegang sedikit sakit, untuk bergerak juga sakit. Hal-hal semacam ini memang sangat mengganggu waktu istirahat kita. Banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi kram pada malam hari, khususnya pada area betis.

Masalah kram yang menyerang ini tidak boleh dianggap remeh meskipun keluhan seperti ini sangat umum dialami oleh kebanyakan orang. Seperti yang kami nukil dari majalah bulanan FKAM edisi 89, penyebab kram di malam hari ada 5 yakni;

# Dehidrasi

Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Ketika kita sangat kekurangan cairan, tubuh merasa benar-benar lelah dan seperti tidak ada kekuatan. Posisi seperti ini lah ketika anda berada dalam keadaan dehidrasi. Jika dehidrasi menyerang, sirkulasi dalam darah dan sistem saraf otak dapat terganggu dan ini salah satu penyebab kram di malam hari. Untuk itu dianjurkan minum air putih yang cukup minimal 8 gelas per hari.

# Sirkulasi darah

Jika sering mengalami kram di malam hari, mungkin ada sirkulasi dalam darah anda yang tidak lancar. Jika sirkulasi darah tidak mengalir dengan baik, darah tidak bisa mengalir, dan ini membuat otot-otot pada kaki mengalami kram secara tiba-tiba.

# Kekurangan mineral

Mineral seperti kalsium dan kalium merupakan sumber utama bagi tubuh. Mineral membantu memperlancar sirkulasi darah. Makanan yang mengandung banyak mineral seperti Susu, daging dada ayam, telur, kedelai, tahu dan tempe.

# Pernah Cedera

Olahraga berat dapat meregangkan otot-otot kaki, hal ini lah yang menjadi salah satu kaki merasa kram disaat malam. Pernah mengalami cedera pada kaki juga menjadi penyebab kaki merasa sulit digerakkan.

# Kehamilan

Kram pada betis biasanya sering menyerang ibu-ibu hamil. Perkembangan janin dalam tubuh menyerap beberapa kalsium dan kalium yang dapat menghambat sirkulasi darah. Untuk itu dianjurkan ibu hamil mengkonsumsi makanan berprotein dan mengandung banyak mineral.

Artikel Terkait

2 komentar

Point keempat itu yang terjadi pada saya, akibat cedera kaki kiri saya sering kram dan pegal-pegal, ditambah lagi sering kekurangan minum air putih.

Sama, saya juga cedera kaki kiri, haha kayak pemain bola profesional pakai cedera :D

Banyakin minum air putih mas, apalagi bagi seorang blogger :D wajib hukumnya hahaha

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Mohon maaf yak komentarnya dimoderasi ^_^ bukan bermaksud tidak percaya, atau menganggap spam komentar yang masuk ^_^

Komentar yang masuk akan segera kami publikasikan :D

Tidak usah ragu-ragu setelah meninggalkan komentar, tukang ketik tahu harus bagaimana [siap-siap meluncur ke blog sampeyan ^_^]
EmoticonEmoticon