9 Jan 2017

Empat Kesalahan Mendasar Dalam Membuat Blog | Tukang Ketik

Tags

Kesalahan Dalam Membuat Blog - Bagi yang hobi dan suka menulis, blog bisa diartikan sebagai rumah kedua untuk tempat singgah. Karena melalui blog, mereka bisa menyalurkan segala aspirasi, uneg-uneg, keluh kesah, curhat tentang mantan, curhat masalah gebetan dan curhat masalah lainnya. Yang jelas, blog adalah salah satu tempat nongkrong paling asik ketika kiga lagi sendirian.
sumber gambar; bitebrands
Dalam pembuatan sebuah blog, tujuan utamanya yakni sebagai tempat sharing segala sesuatu dan yang terakhir bisa menjadi sumber penghasilan (khusus bagi blog dengan trafik tinggi). Tapi ada beberapa kesalahan mendasar tentang pola pikir dalam pembuatan sebuah blog, mulai dari ingin dapat uang dari ngeblog, ingin blog banyak pengunjungnya, supaya bisa cepat kaya dan masih banyak keinginan instan lainnya. Artikel yang ditulis ini sesuai dengan pengalaman pribadi dan pengalaman dari beberapa orang yang ingin berwirausaha melalui blog.

Meskipun banyak, tapi hanya beberapa saja yang akan kita bahas pada artikel kali ini. Kita ambil poin besarnya saja, dan mudah-mudahan bisa mengubah mindset [weleh keren bahasanya] dalam proses membangun sebuah blog.

Kesalahan dasar membangung blog;


#1. Dengan membuat blog, bisa cepat dapat uang

Jujur saja ya, poin pertama dalam membuat sebuah blog adalah ingin mendapatkan uang. Sebenarnya bukan kalian saja sih yang punya pikiran seperti itu, aku juga :v. Mindset seperti ini harus kita buang jauh dan jangan memikirkan soal pendapatan jika masih pemula dalam dunia blogger (salah satu contohnya yang nulis artikel :D). Mendapatkan uang dari ngeblog jangan dianggap gampang, meskipun terbilang tidak terlalu sulit.

Butuh proses yang panjang untuk bisa menghasilkan uang dari kerja ngeblog. Kita akan patah hati, lemas dan kecewa jika dalam beberapa bulan belum mendapatkan hasil sama sekali. Maka dari itu, jangan jadikan duit sebagai tolak ukur dalam ngeblog ya :D

#2. Ingin cepat kaya melalui blog

Untuk poin kedua ini nampaknya hampir sama dengan poin pertama. Aku pernah bertanya kepada seseorang, tujuan utamanya apa dalam membuat blog. Jawabnya simpel "biar cepat kaya dan banyak uang". Padahal orang yang aku tanya ini baru beberapa hari mengenal dan membuat blog. Mungkin dia membaca artikel tentang orang-orang yang sukses melalui blog. Ini adalah pola pikir yang salah BESAR.

#3. Mendapatkan banyak pengunjung

Pengunjung atau visitor adalah salah satu target utama ngeblog. Blog tanpa pengunjung ibarat toko tanpa pembeli #eh. Kalau pengunjung banyak yang data ke blog kita, kitanya jadi bangga karena tulisannya ada yang baca dan lebih seneng lagi kalau ada yang nge-share secara sukarela.

Jangan jadikan pengunjung sebagai tolak ukur ngeblog. Karena jika dalam beberapa hari, minggu, bulan atau bahkan tahunan, jumlah pengunjung tidak ada peningkatan, harapan akan menulis jadi sirna. Semangat ngeblog mulai hilang dan hanya kekecewaan yang akan kita dapat.

#4. Ingin cepat terkenal

Kalau kamu ingin cepat terkenal, jangan lewat ngeblog, karena blog bukan untuk ajang kepopuleran. Coba daftar jadi artik atau penyanyi biar kamu cepet terkenal, tapi itu juga nggak gampang. Di Indonesia sendiri ada beberapa blog yang sudah terkenal dan fenomenal seperti; juragan cipir, kompi ajaib, maxmanroe, radityadika, sugeng id, klik mania, porta-uang dan satu lagi tukang-ketik hehehe.

Penutup

Semua kembali pada diri kita masing-masing, untuk apa kita membuat sebuah blog. Butuh proses yang sangat panjang dan melelahkan untuk bisa menghasilkan; uang, trafik tinggi, kekayaan dan kepopuleran. Kalau tidak percaya, coba hubungi blog-blog terkenal yang aku tuliskan di atas dan coba tanyakan berapa lama mereka bisa sukses sampai sekarang.

Artikel Terkait

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Mohon maaf yak komentarnya dimoderasi ^_^ bukan bermaksud tidak percaya, atau menganggap spam komentar yang masuk ^_^

Komentar yang masuk akan segera kami publikasikan :D

Tidak usah ragu-ragu setelah meninggalkan komentar, tukang ketik tahu harus bagaimana [siap-siap meluncur ke blog sampeyan ^_^]
EmoticonEmoticon