6 Jan 2017

Cara Menggunakan Windows Movie Maker Terbaru | Tukang Ketik

Tags

Windows Movie Maker - Kalian pasti sudah pada tahu mengenai Windows Movie Maker. Ini adalah salah satu software pengolah video yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft. Selain video, software ini juga bisa digunakan untuk mengedit gambar menjadi video slide show dan bisa juga digunakan untuk mengedit musik atau lagu.

Sudah hampir 4 tahun lebih Microsoft belum memperbarui software ini, nggak tahu kenapa padahal pengguna Windows Movie Maker lumayan banyak. Tidak seperti kebanyakan aplikasi gratis lainnya, tampilan dari Windows Movie Maker ini tanpa ada iklan yang tampil yang dapat menggangung anda ketika sedang mengolah video, foto atau musik.

Tahun 2017 tampaknya Microsoft akan merilis versi terbarunya dengan beberapa fitur yang lebih mengejutkan dan menyenangkan. Windows Movie Maker ini sangat cocok untuk digunakan dalam mengabadikan momen-momen penting bersama keluarga.

Cara menggunakan Windows Movie Maker


#1. Mulai dengan membuka aplikasinya


Windows Movie Maker merupakan program yang sangat sederhana dan mudah digunakan. Bisa kamu lihat sendiri pada gambar diatas, kotak hitam besar tersebut adalah dimana anda bisa melihat gambar atau video klip yang sedang anda kerjakan. Panel lebar di bagian bawah adalah tempat anda untuk bekerja dengan menambahkan fitur khusus seperti transisi, judul dan efek lainnya. Di sebelah kotak hitam adalah tempat dimana anda akan mengimport media seperti video, gambar dan lagu.

#2. Persiapkan video


Meskipun gratis, Movie Maker ada beberapa kekurangan salah satunya adalah tidak mendukung video dengan format MOV. Tapi tenang saja, kamu bisa mengubahnya ke dalam format AVI dengan aplikasi gratis Freemake Video Converter.

#3. Tambahkan klip


Anda dapat menambahkan satu klip video atau dalam jumlah banyak dan secara otomatis mereka akan tampil pada kotak warna hitam tersebut. Untuk menampilan preview silahkan klik tanda play pada kotak hitam atau Movie Maker Screen. Selain itu, anda juga bisa memilih resolusinya misal 640 x 480 atau resolusi di bawahnya.

#4. Tambahkan transisi


Transisi ini digunakan untuk memberikan efek khusus pada perpindahan antara video yang satu dengan video lainnya. Kamu bisa memilih transisi dengan cara klik menu Edit - Transitions. Silahkan dipilih transisi mana yang akan kamu gunakan.

#5. Tambahkan judul

Klik pada menu Edit - Titles and Credits untuk menambahkan beberapa tulisan ke dalam video. Kamu bisa pilih sendiri akan ditempatkan dimana judul itu akan tampil. Setelah semua sudah selesai, tinggal merender video dengan cara Click Publish Movie dan simpan dikomputer atau laptop anda.

Demikian untuk artikel mengenai cara penggunaan Windows Movie Maker tarbaru ini. Semoga bisa bermanfaat.
Sumber; Techradar

Artikel Terkait

2 komentar

foll back mas ijul haha ramein balik

wkwkwk tadi komentar G+ tak coba nggak bisa mas, akhirnya aku pulang tanpa meninggalkan apa apa haha
kalau sudah bisa, pasti aku mampir lagi :D

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Mohon maaf yak komentarnya dimoderasi ^_^ bukan bermaksud tidak percaya, atau menganggap spam komentar yang masuk ^_^

Komentar yang masuk akan segera kami publikasikan :D

Tidak usah ragu-ragu setelah meninggalkan komentar, tukang ketik tahu harus bagaimana [siap-siap meluncur ke blog sampeyan ^_^]
EmoticonEmoticon