27 Jan 2017

Ad Balance, Fitur Terbaru Google Adsense Untuk Mengoptimalkan Pendapatan | Tukang Ketik

Tags

Google Adsense - Akhir-akhir ini, Google mulai melakukan banyak perubahan pada fitur dari beberapa produknya. Salah satu fitur terbaru yakni Ad Balance, yang terdapat pada produk Google Adsense. Fitur Ad Balance atau keseimbangan iklan ini berfungsi untuk mengoptimalkan pendapatan dengan cara menyeleksi iklan yang tampil. Beberapa iklan yang memiliki nilai murah bisa kita ganti dengan iklan yang lebih mahal dengan fitur ini.
Sumber gambar; dokumentasi pribadi
Tampilan Ad Balance seperti pada gambar di atas. Untuk menyeleksi iklan-iklan yang membayar mahal dan membuang iklan yang membayar murah, kita tinggal mengatur Ad fill rate dengan cara digeser kekiri sesuai dengan selera.

Misalkan kita geser ke angka 70%, bukan default 100%. Maka Google akan menampilkan iklan hingga 70% dari waktu dengan iklan yang membayar paling tinggi. [sumber; support.google.com]

Cara mengatur fitur Ad Balance Google Adsense

  1. Log in ke akun Adsense
  2. Pilih tampilan antar muka baru bagi yang masih menggunakan tampilan classic
  3. Pada menu sebelah kiri, klik My Ads / iklan saya
  4. Pilih Ad Balance atau keseimbangan iklan
  5. Geser tombolnya
  6. Klik Apply / terapkan

Kekurangan menggunakan fitur Ad Balance

Bagi blog atau website yang traffic nya masih kecil, iklan akan jarang muncul dan cara ini tidak akan efektif. Mending kita setting default saja yang 100%, karena Google akan menyarankan hal serupa seperi gambar di bawah ini.

Due to low traffic our predictions for your revenue behavior may not be accurate. Jika diterjemahkan kira-kira seperti ini " Karena lalu lintas yang rendah prediksi kami untuk perilaku pendapatan Anda mungkin tidak akurat".

Keuntungan menggunakan fitur Ad Balance

Bagi situs yang sudah memiliki traffic tinggi, fitur ini akan sangat bermanfaat. Karena akan terjadi persaingan iklan yang kompetitif dan harga per klik pun akan sangat tinggi. Jika kita tidak menggunakan fitur ini, Google pun akan menyarankan kepada pemiliki situs bertraffic tinggi untuk mencoba pengalamannya dalam menggunakan fitur ini.

Penutup

Jika kalian sudah menerapkan fitur ini pada blog yang anda miliki dan ternyata belum ada perkembangan, sabar saja mungkin ada beberapa faktor yang mempengaruhi seperti jumlah pengunjung, niche blog dan faktor lain yang aku sendiri juga belum tahu. Artikel ini ditulis untuk sekedar sharing tentang fitur terbaru Google Adsense yang langsung kami nukil dari support.google.com.

Mohon maaf jika artikel yang disampaikan kurang jelas dan masih banyak kekurangan, jika kalian punya pengalaman mengenai fitur Ad Balance, silahkan dishare di kolom komentar untuk mengetahui bagaimana efeknya.

Artikel Terkait

2 komentar

Mas mau tanya gimana nih mas, koq ad balance saya ngk bisa di buka ya?
Tulisannya koq ad balance anda sedang di reset your revenue does not affect, maksudnya gimana ya mas? Tolong saya ya

Lagi maintenance mas, punya saya juga gitu kok :D
Muncul tulisan seperti ini :

Ad balance is under maintenance

Your Ad balance settings have been reset and your revenue isn't affected.

Our engineers are working on it. Please check back again soon.

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Mohon maaf yak komentarnya dimoderasi ^_^ bukan bermaksud tidak percaya, atau menganggap spam komentar yang masuk ^_^

Komentar yang masuk akan segera kami publikasikan :D

Tidak usah ragu-ragu setelah meninggalkan komentar, tukang ketik tahu harus bagaimana [siap-siap meluncur ke blog sampeyan ^_^]
EmoticonEmoticon