18 Jan 2017

4 Tradisi Paling Aneh di Dunia | Tukang Ketik

Tradisi paling aneh - Ciri khas dari sebuah negara atau daerah salah satunya adalah tradisi yang khas dan unik. Beberapa tradisi unik yang ada di Indonesia antara lain; potong jari [Papua], nyadran [Jawa], tabuik [Sumbar], dugderan [Semarang, Jawa Tengah]. Selain menjadi ciri khas, tradisi juga menjadi kekayaan tersendiri bagi sebuah daerah.

Tradisi atau budaya yang khas dapat menarik wisatawan lokal maupun turis asing yang ingin berpartisipasi dalam ataupun sekedar melihat acara tersebut. Secara tidak langsung, ini menjadi sumber pendapatan tambahan bagi setiap daerah yang dikunjungi para wisatawan.

Diantara beberapa tradisi yang unik dan aneh, kali ini blog tukang ketik akan menyampaikan 4 tradisi yang menurut kami paling unik dan aneh yang ada di dunia yang kami liput dari kincir.com.

4 Tradisi paling aneh


#1. Sarung tangan semut - Suku Satere Amazon


Suku Satere-Mewe merupakan suku yang tinggal di sekitaran sungai Amazon. Selain terkenal dengan lingkungan habitatnya yang seram seperti ular anaconda dan berbagai binatang buas lainnya, suku di Amazon mempunyai tradisi unik bagi setiap anak lelaki yang sudah baligh alias sudah gede.

Setiap anak lelaki yang sudah baligh akan wajib mengikuti tradisi sarung semut. Dimana sarung tangan ini berisi satu koloni semut yang jumlahnya bisa mencapai ribuan. Semut yang digunakan bukan sembarang semut seperti yang ada di Indonesia, melainkan semut peluru.

Gigitan satu semut peluru mampu membuat anak lelaki meneteskan air mata, apalagi jika digigit ribuan semut peluru. Duh seperti apa rasanya ya?? Tujuannya supaya anak laki-laki bisa lebih kuat dalam bertahan hidup.

#2. Menginjak tamu undangan - Tahiti


Kalau di Indonesia, setiap tamu undangan yang hadir dalam perta pernikahan pasti disuguhkan dengan berbagai hidangan dan minuman yang sangat lezat dengan menu terbaik. Tapi ada yang berbeda dari tradisi yang ada di kepulauan Marquesas ini. Apa itu??

Setiap ada pesta pernikahan dan acara hampir selesai, para tamu undangan akan tengkurap memanjang ke pintu keluar. Kedua mempelai pengantin akan keluar dan berjalan di atas tubuh tamu undangan yang tengkurap tadi. Bisa dibayangkan gimana rasanya?

Kalau kalian tinggal di sana, masih mau ngarep dapet undangan pernikahan? Tapi tradisi ini sudah turun temurun sejak dulu dan sampai sekarang masih dipertahankan.

#3. Pernikahan sedarah - Indonesia


Banyak sekali suku-suku pedalaman yang ada di Indonesia yang mempunyai tradisi yang unik. Salah satunya suku Polahi di Gorontalo, dimana mereka secara lumrah dan gamblang melakukan pernikahan satu darah.

Jika dipandang dari berbagai sudut pandang, tradisi ini sangat tabu dan bertentangan dengan ajaran agama Islam. Namun hal ini sudah menjadi tradisi dari suku tersebut.

#4. Kururan langit - Tibet


Tibet, merupakan negara dengan kontur tanah yang terjal dan berupa pegunungan tinggi. Selain kondisi alam yang terjal, Tibet juga terdapat burung bangkai dalam jumlah yang banyak. Lalu apa yang unik dari tradisi di Tiber?

Setiap ada orang meninggal, masyarakat Tibet tidak melakukan pemakanam seperti apa yang ada di negara-negara lainnya. Melainkan jasad orang yang sudah meninggal akan ditumpuk di tempat yang sudah ditentukan sampai jasad-jasad tersebut hilang dimakan burung bangkai.
Sumber; viral.kincir.com

Artikel Terkait

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Mohon maaf yak komentarnya dimoderasi ^_^ bukan bermaksud tidak percaya, atau menganggap spam komentar yang masuk ^_^

Komentar yang masuk akan segera kami publikasikan :D

Tidak usah ragu-ragu setelah meninggalkan komentar, tukang ketik tahu harus bagaimana [siap-siap meluncur ke blog sampeyan ^_^]
EmoticonEmoticon