1 Dec 2016

Cara Membuat Peta 3D dengan CorelDRAW | Tukang Ketik

Peta 3 Dimensi di CorelDRAW - Kalian pernah membuat undangan pernikahan? Atau paling nggak pernah belajar membuat desain undangan? Kalau pernah, disitu pasti ada peta lokasinya yang menunjukkan dimana acara tersebut akan digelar. Peta lokasi merupakan salah satu syarat yang harus ada ketika kita membuat desain undangan, tidak wajib sih tapi paling nggak dengan adanya peta lokasi bisa memudahkan para tamu undangan dalam mencari tempat yang dimaksud.

Ada baiknya peta lokasi yang tertera dalam desain undangan kita buat tampil lebih menarik, misalnya kita buat efek 3 dimensi. Banyak sekali software desain yang bisa digunakan untuk membuat peta 3D, salah satunya adalah CorelDRAW.

Kira-kira seperti gambari di atas contoh peta 3 dimensi yang akan kita buat. Untuk softwarenya, admin gunakan CorelDRAW X4. Untuk versi yang lain [ x5, x6, x7 dan x8 ] langkahnya sama.
#1. Langkah pertama buka CorelDRAW. Buat lembar kerja baru.


#2. Buat garis menggunakan Freehand Tool. Untuk pola jalannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.


#3. Jika sudah, seleksi semua garis kemudian pada property bar pilih Weld.


#4. Ubah ketebalan outlinenya. Misalkan aku buat ketebalan outline sebesar 5 mm.


#5. Ubah garisnya menjadi objek. Caranya klik pada garis yang sudah di Weld dan diubah ketebalan outlinenya. Tekan Ctrl + Shift + Q pada keyboard. Secara otomatis, objek garis akan menjadi objek utuh.


#6. Langkah selanjutnya masuk ke menu Effects - Add Perspective.


#7. Pada pojok objek yang atas, klik dan geser-geser ke bawah hingga menemukan posisi yang sesuai.


#8. Jika sudah, copy - paste objek tersebut dan beri warna yang berbeda. Kemudian geser sedikit ke samping dan ke atas.


#9. Tambahkan icon rumah, gedung, stadion dan icon lainnya yang sesuai dengan lokasi yang kamu buat. Untuk memunculkan kumpulan icon-icon tinggal tekan Ctrl + F11 pada keyboard.


Bagaimana? Mudahkan? Semoga artikel mengenai cara mudah membuat efek peta 3d di CorelDRAW ini bermanfaat. Salam. Silahkan dishare kepada teman-teman lainnya, siapa tahu mereka juga lagi nyari artikel yang sama.

Artikel Terkait

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Mohon maaf yak komentarnya dimoderasi ^_^ bukan bermaksud tidak percaya, atau menganggap spam komentar yang masuk ^_^

Komentar yang masuk akan segera kami publikasikan :D

Tidak usah ragu-ragu setelah meninggalkan komentar, tukang ketik tahu harus bagaimana [siap-siap meluncur ke blog sampeyan ^_^]
EmoticonEmoticon