16 Dec 2016

Bagaimana Cara Menggabungkan File PDF Yang Terpisah? | Tukang Ketik

Tukang Ketik - Selamat datang para pembaca sekalian. Coba saya tebak, kamu yang lagi baca artikel ini mahasiswa tingkat akhir ya? Lagi ngurus skripsi & wisuda? Soalnya artikel yang akan aku bagi ini sangat berhubungan dengan mahasiswa yang lagi skripsi. Biasanya setelah ujian skripsi atau pendadaran, file skripsi dari halaman depan, bab i, bab ii sampai lampiran digabung menjadi satu file dalam bentuk PDF. Tapi tergantung dari aturan fakultas masing-masing, ada yang digabung jadi satu file dan ada yang dipisah-pisah per file seperti halaman depan, bab i, bab ii, bab iii, bab iv, bab v, daftar pustaka dan lampiran.

Oke untuk artike kali ini aku akan membahas cara menggabungkan file pdf yang terpisah-pisah dengan langkah yang menurutku sangat mudah. Tidak perlu ilmu komputer tingkat dewa untuk bisa menggabungkan beberapa file pdf menjadi satu file. Cukuplah kita memasang software Nitro PDF Pro 9  pada komputer atau laptop yang kita gunakan. Jika belum punya, silahkan kunjungi website resminya Nitro dan nikmati softwarenya secara gratis selama 2 minggu [versi trial]. Jika ingin menikmati selamanya, kamu harus beli dengan harga $159.99 atau sekitar 2 jutaan jika dirupiahkan.
Oke aku anggap kamu sudah punya ya, dan siapkan file pdf yang akan digabung. Sebagai contoh kamu bisa lihat gambar file pdf di bawah ini yang akan aku jadikan satu. Ini adalah salah satu file skripsi milik pelanggan tukang ketik yang aku kerjakan beberapa hari lalu. Sedikit bocoran, yang punya skripsi ini akhwat cantik lho, pakaiannya syar'i [tipe banget pokoknya] :D


#1. Langkah pertama pilih salah satu file pdf dan klik kanan Open with - Nitro Pro 9. Sebagai contoh aku buka Halaman Depan.


#2. Jika file sudah terbuka, pilih menu Edit - Insert dan cari dimana kamu menyimpan file pdf yang akan digabung. Sebagai contoh aku memilih file pdf Bab I. Klik filenya dan klik Open.


#3. Jika berhasil akan muncul kotak dialog Insert Pages. Ada beberapa pilihan seperti; After, Before, First Page, Last Page dll. Tinggal dipilih sesuai keinginan mau disisipkan di halaman berapa. Jika sudah klik Insert.


#4. Sebagai contoh, aku memilih file Bab I dan akan aku sisipkan di akhir halaman setelah halaman depan. Jadi aku pilih Last page. Klik Insert.


Untuk file yang lain langkah-langkahnya sama seperti di atas. Tinggal diatur sesuai kebutuhan. Jika sudah selesai semua jangan lupa di Save-As dengan naman lain biar file aslinya tidak terhapus. Semoga artikel dengan topik cara menggabungkan file pdf ini bisa bermanfaat.

Artikel Terkait

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Mohon maaf yak komentarnya dimoderasi ^_^ bukan bermaksud tidak percaya, atau menganggap spam komentar yang masuk ^_^

Komentar yang masuk akan segera kami publikasikan :D

Tidak usah ragu-ragu setelah meninggalkan komentar, tukang ketik tahu harus bagaimana [siap-siap meluncur ke blog sampeyan ^_^]
EmoticonEmoticon